Iklan

Ukuran Bola Sepak Bola Standar FIFA

Monday, July 21, 2014, 2:03 AM WIB Last Updated 2014-09-28T23:03:12Z
Space Iklan Di Sewakan HUB 081243410654
Ukuran Bola Sepak Bola Standar FIFA - Bola yang digunakan dalam pertandingan sepak bola harus memenuhi standar FIFA sebagai konfederasi Sepak bola di seluruh dunia. Adapun standar itu meliputi ukuran, beban atau berat bola, diameter, pemantulan, peresapan air, dan juga keakurasian saat ditendang pemain.
http://klikduniabola.blogspot.com/2014/07/ukuran-bola-sepak-bola-standar-fifa.html
Lapisan bola berbahan atau bahan lainnya yang sesuai untuk itu (dalam pertandingan Internasional, bahan bola yang berbulu tidak diizinkan). Keliling bola minimal 62 cm dan maksimal 64 centimeter;
Berat bola tidak kurang dari 400 gram dan tidak lebih dari 440 gram (ukuran ini berlaku pada saat awal permainan dimulai);

Tekanan isi bola sama dengan 0,4-0,6 dengan atmosfir (400-600/cm2) pada permukaan laut.
Tidak boleh melambung kurang 50 cm dari permukaan lapangan serta ketika cm ketika dijatuhkan dari ketinggian di atas 2 meter tidak boleh melambung lebih dar 65 centimeter.
Terdapat logo/lambang resmi dari “FIFA APROAVED“ atau logo : FIFA INSPECTED” atau bisa juga Referensi : INTERNATIONAL MATCHBALL STANDARD”

Keterangan : Pemakaian bola berlogo “FIFA APPROVED” atau “FIFA INSPECTED” untuk kompetisinya sendiri, maka asosiasi futsal juga diharuska memperkenankan penggunaan bola yang menggunakan rancangan bebas royalti “INTERNATIONAL MATCHBALL STANDARD”.

Untuk Ukuran Bola Standard International sebagai berikut :

Bola sepak bola memiliki diameter 68–70 cm dengan berat 410–450 gr. serta memiliki tekanan 8–12 psi, Ketika bola dijatuhkan ke tanah, bola harus memiliki kelembaman sekitar 60 %, yang artinya ketika dijatuhkan 1 meter dari tanah, bola akan memantul balik dengan ketinggian 60 cm.
Warna bola tidak boleh sama dengan lapangan, karena lapangan berwarna hijau,maka tidak boleh menggunakan bola berwarna hijau.  meskipun FIFA tidak mengatur secara resmi tentang warna bola.

Semisal lapangan tertutup salju sehingga berwarna putih,maka digunakan bola berwarna merah atau orange. Lapisan bola harus bercorak,maksudnya tidak polos karena untuk lebih memperjelas penglihatan pemain jika bola terkena efek berputar.

Ukuran Bola sangat penting untuk melengkapi komponen dalam pertandingan sepakbola agar pemain bisa menguasai bola secara baik. Banyak juga bola yang digunakan terlalu ringan sehingga keakurasian tendangan ke arah gawang tidak bisa terukur dengan baik seperti kejadian pada piala dunia 2010 di Afrika Selatan.
Ukuran Bola Sepak Bola Standar FIFA
Komentar

Tampilkan

Artikel lainnya

Istilah - Istilah Sepakbola

+