Iklan

Handsball: Pengertian Handsball dan Macam - Macamnya Dalam Sepakbola

Wednesday, January 21, 2015, 7:47 PM WIB Last Updated 2015-01-22T03:47:26Z
Space Iklan Di Sewakan HUB 081243410654
Handsball - Merupakan salah satu bentuk pelanggaran yang diberikan oleh wasit terhadap pemain sepakbola. Handsball secara bahasa indonesia berarti bola tangan, Sedangkan dalam istilah sepakbola mempunyai arti bola mengenai tangan pemain sepakbola selain penjaga gawang baik disengaja maupun tidak. Meskipun begitu, keeper diberi batasan sendiri ketika memegang bola, yaitu hanya boleh memegang di dalam kotak 16 besar.

Akibat dari handsball ini adalah pemberian tendangan bebas oleh wasit, apabila berada di luar kotak penalti maka akan diberikan tendangan bebas biasa, sedangkan apabila berada di dalam kotak penalti, maka akan diberikan tendangan penalti.
Pengertian Handsball dan Macam - Macamnya
Terkait pelanggaran handsball ini, ada beberapa peraturan dan konsekuensi yang harus diperhatikan oleh para pemain sepakbola. Misalkan saja, apakah bola itu mengenai tangan dengan cara disengaja atau tidak, Bagaimana kriteria bola yang mengenai tangan itu bisa dianggap pelanggaran. Apakah wasit memebrikan kartu kuning atau kartu merah? Berikut penjelasannya.


Macam- Macam Handsball Dalam Pertandingan Sepakbola
Dalam beberapa kasus, bola yang mengenai tangan, terkadang tidak dianggap sebagai handball, maka tidak jarang banyak pemain yang protes ketika melihat ada pemain lawan yang tangannya mengenai bola. Pada kasus ini bisa dijelaskan beberapa macamnya sebagai berikut:
  • 1. Posisi tangan tidak aktif (Ball To Hand)
Artinya posisi tangan yang terkena bola melekat erat dengan badan, baik di depan dada maupun di samping. Tindakan ini sering dilakukan pemain untuk melindungi bagian vital dari tubuhnya. Untuk permasalahan ini, wasit dapat memutuskan tidak terjadi pelanggaran.
  • 2. Posisi tangan aktif (Hand To Ball)
Hal ini jelas merupakan sebuah pelanggaran, karena sesuai dengan aturan tertulis FIFA: secara jelas menyentuh bola dengan tangan. Pelanggaran terjadi jika pemain bertahan membentangkan lengan mereka untuk membuat daerah cakupan mereka lebih luas. Jika pemain dengan sengaja melakukan hands ball, maka wasit akan memberikan kartu kuning. Bahkan kartu merah akan diberikan jika itu dilakukan untuk mencegah terjadinya sebuah gol. Seperti yang pernah dilakukan oleh Luiz Suarez saat membela negaranya melawan Ghana.

Semoga pengertian handsball dan macam-macamnya diatas bisa membantu pemahaman kita dalam bermain sepakbola. Semoga bermanfaat.

Komentar

Tampilkan

Artikel lainnya

Istilah - Istilah Sepakbola

+