Iklan

Peraturan Dalam Pertandingan Sepak Bola Standar FIFA

Sunday, August 24, 2014, 5:31 AM WIB Last Updated 2014-09-28T23:04:52Z
Space Iklan Di Sewakan HUB 081243410654
http://klikduniabola.blogspot.com/2014/08/peraturan-dalam-pertandingan-sepak-bola.html
Peraturan Dalam Pertandingan Sepak Bola Standar FIFA - Dalam sebuah permainan atau perandingan olahraga disamping harus ada pemain atau alat yang digunakan, tentu semua itu berawal dari peraturan yang sudah di susun secara terperinci. pada kesempatan kali ini kami mencoba membagikan beberapa peraturan dalam pertandingan sepakbola menurut FIFA sebagai konfederasi sepakbola terbesar di dunia.

Peraturan itu telah disepakati dan menjadi acuan pada setiap pertandingan resmi baik kompetisi lokal maupun piala dunia. Secara garis besar peraturan permainan sepak bola itu bisa dikelompokan menjadi 5 kategori yakni meliputi lapangan permainan, jumlah pemain, waktu permainan, pelanggaran, dan wasit dibantu oleh  petugas pertandingan.

Peraturan Dalam Pertandingan Sepak bola Standar FIFA

Dari lima kategori peraturan di atas bisa dijabarkan sebagai berikut:

# Lapangan Pertandingan

Mengenai lapangan sepakbola paling dasar adalah mengenai ukuran panjang dan lebar serta garis yang ada dalam lapangan itu sendiri. Ukuran lapangan standar FIFA mempunyai panjang 100 - 120 meter dan lebar 64 - 75 meter. Baca informasi lengkapnya pada artikel Ukuran Resmi Lapangan Sepak bola Standar FIFA. Ukuran Bola Dalam Pertandingan Sepak Bola. Ukuran Gawang Sepak Bola Standar Internasional.

# Jumlah Pemain
Dalam semua kompetisi atau kejuaraan dunia sejak dahulu jumlah pemain sepak bola berjumlah 11 orang. Satu orang sebagai penjaga gawang (goal keeper), dan lainnya menduduki posisi sebagai defender, Winger, Gelandang, mildfielder, dan striker. Selain itu ada satu pelatih dibantu asistennya sebagai otak atau sutradara untuk meracik pemain agar bisa menampilkan permainan yang apik untuk meraih kemenangan.

# Waktu Permainan

Lamanya permainan adalah 90 menit yang terbagi menjadi dua babak atau 2 x 45 menit ditambah 15 menit untuk waktu istrihat jeda antara babak pertama dan kedua. Biasanya wasit memberikan tambahan waktu di akhir babak dengan kalkulasi beberapa menit ketika pertandingan berhenti karena ada pelangggaran atau ada pemain cedera. Waktu tersebut berlaku pada kompetisi manapun, dan untuk kejuaran akan ada babak tambahan "injury time" 2 x 15 menit untuk menentukan siapa pemengannya. Jika belum ada yang kalah, maka pertandingan dilanjutkan melalui drama adu pinalti.
Dalam masa perpanjangan waktu, ada istilah gol emas yang mana tim dinyatakan menang apabila bisa memasukkan Gol lebih dahulu tanpa menghabiskan waktu yang tersisa. Namun peraturan itu kini sudah tidak diberlakukan dan mengacu pada hasil akhir pertandingan. Kalau memang tetap berakhir imbang, maka adu pinalty sebagai opsi terakhir untuk menentukan pemengannya.

# Pelanggaran

Pelanggaran menjadi hak pemimpin lapangan atau wasit apabila ada pemain melakukan tindakan keras yang bisa membahayakan atau merugikan pemain lawan. Sanksi yang diberikan oleh wasit kepada pemain yang benar benar malakukan pelanggaran akan di beri karu kuning sebagai peringatan dan kartu merah untuk mengeluarkan pemain dari lapangan pertandingan. Dalam hal ini aka ada pemberlakuan akumulasi kartu kuning yakni pemain tidak bisa bermain selama satu laga. Pelanggaran juga bisa berbuntut hukuman tidak bisa berlaga di ajang manapun kalau memang pemain terbukti melakukan rasis, atau menciderai pemain lawan dengan keras. Sanksi diberikan oleh FIFA sesuai keputusan bersama.

# Wasit dan petugas pertandingan

Dalam pertandingan profesional, terdapat 4 petugas yang memimpin jalannya pertandingan, yaitu wasit, 2 hakim garis, dan seorang petugas di pinggir tengah lapangan.Wasit memiliki peluit yang menandakan apakah saat berhenti atau memulai memainkan bola. Dia juga bertugas memberikan hukuman dan peringatan atas pelanggaran yang terjadi di lapangan.Masing-masing penjaga garis bertanggung jawab mengawasi setengah bagian dari lapangan.Mereka membawa bendera dengan warna terang untuk menandakan adanya pelanggaran, bola keluar, ataupun offside.[Biasanya mereka akan bergerak mengikuti posisi pemain belakang terakhir.

Petugas terakhir memiliki tugas untuk mencatat semua waktu yang sempat terhenti selama pertandingan berlangsung dan memberikan info mengenai tambahan waktu di akhir setiap babak. Petugas ini juga bertugas memeriksa pergantian pemain dan menjadi penghubung antara manajer tim dengan wasit. Dalam beberapa pertandingan, teknologi penggunaan video atau penggunaan orang kelima untuk menentukan ketepatan keputusan wasit mulai digunakan. Misalnya yang menentukan apakah suatu bola telah melewati garis atau apakah seorang pemain berada dalam keadaan offside ketika mencetak gol.


Selain 5 peraturan sepak bola di atas, ada istilah penting yang harus kita pahami diantaranya adalah, offside, corner (tendangan pojok), handsball, tendangan bebeas, tendangan pinalty, lemparan ke dalam. Istilah - istilah tersebut akan kami informasikan pada kesempatan lain.
Peraturan Dalam Pertandingan Sepak bola Standar FIFA
Komentar

Tampilkan

Artikel lainnya

Istilah - Istilah Sepakbola

+